Selasa, 20 November 2012

FENOMENA ALAM YANG BERHUBUNGAN DENGAN FISIKA (ANGIN)

            Angin,menjadi salah satu fenomena alam yang menakutkan saat ini. Angin adalah udara yang bergerak. Pergerakan udara ini disebabkan oleh rotasi bumi dan juga karena adanya perbedaan tekanan udara disekitarnya. Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke tempat yang bertekanan udara lebih rendah.
            Jika udara dipanaskan akan memuai yang akhirnya naik, karena menjadi lebih ringan. Jika udara yang dipanaskan naik, tekanan udara menjadi turun. Kenapa? Karena udara berkurang. Dan, udara dingin di sekitarnya akan mengalir ke tempat yang bertekanan rendah tersebut. Udara lalu menyusut menjadi lebih berat dan turun ke tanah. Di atas tanah udara menjadi panas lagi dan kembali naik.
          Aliran naiknya udara panas dan turunnya udara dingin ini dinamakan konveksi. Angin juga termasuk udara, udara terdiri dari bermacam gas. Gas termasuk materi yang tidak kelihatan, inilah alasan kenapa kita tidak bisa melihat angin.
Faktor – faktor mempengaruhi angin yaitu:
1.Gradien barometris
    Bilangan yang menunjukkan perbedaan tekanan udara dari dua isobar yang jarakna 111 km. Makin 
    besar   gradien barometrisnya, makin cepat tiupan angin.
2.Lokasi
   Kecepatan angin di dekat khatulistiwa lebih cepat daripada angin yang jauh dari garis khatulistiwa.
3.Tinggi lokasi
   Semakin tinggi lokasinya, semakin kencang pula angin yang bertiup. Hal ini disebabkan oleh pengaruh gaya  gesekan yang menghambat laju udara. Di permukaan bumi, gunung, pohon, dan topografi yang tidak rata lainnya memberikan gaya gesekan yang besar. Semakin tinggi suatu tempat, gaya gesekannya akan semakin kecil.
4.Waktu
    Angin bergerak lebih cepat pada siang hari,dan sebaliknya pada malam hari.
Sebenarnya yang kita lihat saat angin berhembus adalah partikel-partikel ringan seperti debu yang terbawa bersama angin. Angin bisa kita rasakan
hembusannya karena kita mempunyai indra perasa, yaitu kulit, sehingga kita bisa merasakannya.
Angin mempunyai energi,energi ini telah lama dikenal dan digunakan oleh manusia.
Christoper colombus menggunakan kapal layar untuk menemukan benua Amerika.Jika menggunakan kapal layar,tentunya menggunakan energi angin sebagai bahan bakunya.Di negara kita,udaranya menjadi panas mengembang dan menjadi ringan,naik ke atas dan bergerak ke daerah yang lebih dingin.Sebaliknya di daerah kutub udaranya menjadi dingin dan turun ke bawah.Dengan demikian terjadi
suatu perputaran udara.
Energi kinetik dari sebuah benda dengan Masa(m) dan kecepatan (v) adalah E= 0,5 m.v2,dengan asumsi bahwa kecepatan tidak mendekati kecepatan cahaya.rumus tersebut berlaku juga untuk menghitung energi kinetic yang diakibatkan oleh energi angin.

1 komentar:

  1. dengan membaca artikel yang anda buat, kita akan mengetahui fenomena alam yang berhubungan dengan fisika yang sebelumnya belum pernah kita ketahui adanya
    :)

    BalasHapus